Home / BISNIS / INSPIRASI / NEWS

Senin, 22 November 2021 - 15:36 WIB

ISPIKANI Aceh Bimbing Santri Jadi Pengusaha Sektor Perikanan

Acehpedia.id – Banda Aceh, Dalam Rangka memperingati Hari Ikan Nasional (HARKANNAS), Ispikani Aceh melaksanakan kegiatan Bimbingan Usaha Mandiri Perikanan Dayah. Acara di laksanakan Minggu, 21 November 2021 di Dayah Husnul Fata, Gampong Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh. Peserta Berjumlah 40 Orang, yang terdiri dari Santri Dayah dan Ibu-ibu Gampong Alue Naga. Adapun Dayah yang di laksanakan kegiatan ini adalah Dayah yang berlokasi di Wilayah Pesisir sehingga banyak terdapat hasil perikanan.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat Santri dalam berwirausaha dan mengembangkan Santripreneur dalam rangka membangun ekonomi umat dan sumber keuangan Dayah Tradisional lainnya, khususnya usaha di bagian pengolahan hasil perikanan menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Selain itu Edukasi kepada peserta tentang jenis ikan dan manfaat mengkomsusi ikan terhadap kesehatan juga disampaikan dalam kegiatan ini. di Akhir pelatihan Kegiatan ini, peserta melakukan aksi nyata dengan melakukan Pengolahan makanan dari berbahan ikan, Diantarnya adalah Nugget Ikan Kaki Naga, Bakso Ikan, Otak-otak ikan dan Dimsum Udang. Ketua Ispikani Aceh Mulyadi Muhammad mengharapkan peserta dapat melaksanakan seluruh tahapan kegiatan Bimbingan Usaha Mandiri Perikanan Dayah dengan baik yang di bantu Oleh LSM terkait dan tenaga pendamping dari Ispikani Aceh.

Baca juga  UTU Raih Terbaik Pertama IKU Bidang Kerjasama

Kedepan Ispikani Aceh akan terus mendampingi para peserta kegiatan ini dalam mengembangkan usaha pengolahan hasil perikanan dengan cara memberikan bantuan untuk mecari solusi teknologi alat-alat ramah lingkungan yang dapat digunakan, serta mendampingi cara mempromosikan dan mengembangkan produk pengolahan yang telah dibuat nantinya. Mulyadi Muhammad juga Berterima kasih kepada seluruh Panitia kegiatan dan Kalangan lainnya yang terlibat di dalam menyukseskan kegiatan ini, semoga kedepan Ispikani Aceh dapat melaksanakan kegiatan lainnya dan tentunya harapan dukungan dari berbagai pihak diantaranya Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota Pimpinan Dayah, LSM dan Masyarakat sekitar sangat kami perlukan dalam melaksanakan kegiatan nantinya.

Baca juga  Memaksimalkan Peran Pemuda Madani di Era Pandemi Covid-19 Untuk Menyelamatkan Masa Depan Islam di Indonesia

Di akhir kegiatan ini peserta mencicipi hasil olahan perikanan, memasarkan Produk Olahan yang telah di buat di lingkungan sekitar Dayah, serta ada juga yang membawa pulang kerumahnya Masing-masing. Kegiatan Bimbingan Usaha Mandiri Perikanan Dayah ini turut di Hadiri oleh Kepala Dusun Musafir Gampong Alue Naga, Sekretaris Pengurus Dayah Husnul Fata, Gampong Alue Naga, Kepala Seksi Pemasaran dan Pengolahan Produk hasil Perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, Santri Dayah Husnul Fata dan Ibu-ibu Gampong Alue Naga.
selanjutnya kegiatan di tutup dengan Foto bersama.

Share :

Baca Juga

NEWS

Canon dan Siapa Yang Bertanggungjawab?

NEWS

M. Syauqi Umardhian Pimpin KAMMI Banda Aceh Periode 2022-2024

BISNIS

Pertama di Indonesia, SPBU BUMDESMa Hadir di Bener Meriah

NEWS

Cegah Kekerasan Pada Anak, Pos PAHAM Aceh Tengah-BM Gelar Penyuluhan

BISNIS

Bangkitkan UMKM, Genpro Aceh Tenggara dan Bank Aceh Syariah Kutacane, Gelar Seminar Wirausaha

NEWS

Sosialisasi Undang-Undang Jaminan Produk Halal di Aceh, Nasir Djamil Gandeng GENPRO Aceh Mengajak Pengusaha Peduli Produk Halal

NEWS

Senat USK Tetapkan Empat Bakal Calon Rektor

INSPIRASI

UTU Raih Terbaik Pertama IKU Bidang Kerjasama