Home / INSPIRASI / OPINI

Rabu, 22 Juni 2022 - 21:46 WIB

SHORT TRAINING KOMPETENSI PENCAMPUR PAKAN DAN FARM UNGGAS PETELUR

Tempat Uji Kompetensi atau disebut juga TUK Mandiri Peternakan USK bekerja sama dengan Laboratorium Ilmu dan Teknologi Produksi Ternak Unggas Jurusan Peternakan USK mengadakan Short training sejak 18-20 Juni 2022. Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk membekali mahasiswa Jurusan Peternakan tingkat akhir, baik teori maupun praktik demi menghadapi ujian kompetensi di akhir Juni mendatang. Ketua TUK Mandiri Peternakan yaitu Ir. Asril, M. Rur. Sc menjelaskan bahwa usia TUK yang baru berumur 6 bulan membutuhkan support dari berbagai pihak, oleh karena itu persiapan menghadapi uji kompetensi tersebut menjadi peluang sekaligus tantangan bagi TUK yang belum genap setahun ini. Prof. Dr. Ir. Eka Meutia Sari, M.Sc sebagai Ketua Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian USK menyambut baik kegiatan ini, “Insya Allah, bersama kita bisa!,” Ucapnya dengan penuh semangat.

Baca juga  PEMBUKAAN UJI KOMPETENSI PETERNAKAN DI TUK MANDIRI PETERNAKAN USK  

Short training yang diikuti oleh 40 mahasiswa ini terdiri dari dua skema yaitu kompetensi pencampur pakan dan farm unggas petelur, sehingga masing masing skema diikuti oleh 20 peserta. Adapun training skema kompetensi pencampur pakan dimulai dari Prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), biosekuriti, pengenalan bahan pakan, mencampur bahan pakan unggas, menghitung jumlah kebutuhan pakan, dan menyimpan bahan pakan. Pada skema ini, bertindak sebagai pemateri Ir. Zulfan, M.Sc dan pelatih Zulfikar, S.Pt. Sedangkan skema farm unggas petelur dimulai dari Prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), biosekuriti, menyiapkan kandang produksi, mengelola unggas periode grower dan mengelola unggas periode layer. Dr. M. Daud, S.P., M.Si bertindak sebagai pemateri dan dengan pelatih Zulfikar, S.Pt.

Baca juga  ISPIKANI Aceh Bimbing Santri Jadi Pengusaha Sektor Perikanan

Metode training dilakukan dengan cara penyampaian materi secara langsung secara tatap muka dan online dengan platform zoom. Praktek dilakukan secara langsung, begitu juga dengan simulasi ujian kompetensi baik tes tulis, lisan dan praktek. Training berlangsung selama 3 hari berlokasi di Laboratorium Lapangan Peternakan (LLP) Rukoh Darussalam Banda Aceh. Kepala Lab. Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric. Sc., menyambut baik kegiatan ini dan siap mendukung TUK Mandiri Peternakan. Kegiatan ini merupakan bekal untuk mahasiswa melengkapi persyaratan kebutuhan tenaga kerja berdasarkan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 321 Tahun 2017. Harapannya short training ini dapat mempersiapkan mahasiswa menghadapi uji kompetensi dengan baik sehingga meraih predikat kompeten yang dibuktikan dengan sertifikat yang diakui negara.

Share :

Baca Juga

INSPIRASI

Mayjen Muhammad Hasan Jabat Pangdam Iskandar Muda

INSPIRASI

Aceh Raih Peringkat Tiga Nasional Pada MTQ Kopri Ke-5

BISNIS

ISPIKANI Aceh Bimbing Santri Jadi Pengusaha Sektor Perikanan

INSPIRASI

Syeikh Baba Daud Al-Rumi: Pengarang Kitab Masailal Muhtadi

INSPIRASI

UTU Raih Terbaik Pertama IKU Bidang Kerjasama

NEWS

Canon dan Siapa Yang Bertanggungjawab?

INSPIRASI

Bantu Korban Semeru, OSIS SMPIT Nurul Fikri Banda Aceh, Galang Dana Bantuan Sosial

BISNIS

Bangkitkan UMKM, Genpro Aceh Tenggara dan Bank Aceh Syariah Kutacane, Gelar Seminar Wirausaha