Home / BERITA / BISNIS

Sabtu, 21 Mei 2022 - 16:47 WIB

Statistik & Fakta Ekonomi Global 

Ekonomi global dapat didefinisikan sebagai jumlah kegiatan yang terjadi di suatu negara maupun di antara negara -negara yang berbeda. Setiap negara adalah unit terpisah, dengan produksi industri, pasar tenaga kerja, pasar keuangan, sumber daya, dan lingkungan mereka sendiri. Globalisasi memungkinkan dan meningkatkan pengembangan perdagangan internasional, keuangan atau migrasi tenaga kerja, yang merupakan contoh bidang, di mana negara -negara perlu menemukan solusi bersama dan bekerja sama satu sama lain. Salah satu dampak globalisasi adalah perubahan drastis di satu negara yang mempengaruhi negara lain. Brexit ( penarikan diri Britania Raya dari Uni Eropa sebagai hasil dari referendum Brexit yang diadakan pada Kamis 23 Juni 2016)  tidak hanya mengubah situasi di Inggris, tetapi juga di seluruh Uni Eropa.

PDB ( Produk Domestik Bruto )
Ada banyak indikator yang memungkinkan untuk mengukur dan menganalisis kegiatan ekonomi – mereka disebut indikator ekonomi. Salah satu langkah ekonomi yang paling penting adalah Produk Domestik Bruto (PDB), yang merupakan nilai total semua barang dan jasa yang diproduksi dalam satu tahun. PDB global meningkat dari sekitar 25 triliun dolar AS pada 1990 -an menjadi 84,9 triliun dolar AS pada tahun 2020. Amerika Serikat adalah negara dengan produk domestik bruto terbesar pada tahun 2020, diikuti oleh Cina, Jepang dan Jerman. Menurut perkiraan untuk tahun 2030, peringkat ini akan terlihat sangat berbeda di masa depan karena negara -negara berkembang, seperti Cina, India, Rusia, atau Brasil, tumbuh lebih cepat daripada ekonomi yang matang.
Jika kita membandingkan produk domestik bruto dengan populasi dan melihat PDB per kapita, negara -negara seperti Makau, Luksemburg, dan Singapura muncul sebagai pemimpin dunia. Di sisi lain, Burundi, Sudan Selatan, dan Malawi memimpin peringkat negara dengan PDB per kapita terendah pada tahun 2020. Pada tahun 2020, PDB per kapita global adalah 10,92 ribu dolar AS.
Secara umum, pertumbuhan ekonomi global dapat diamati pada tahun -tahun sebelumnya. 2020 adalah pengecualian, karena pandemi virus Corona (Covid-19) berdampak pada hampir setiap negara di dunia.

Baca juga  M. Syauqi Umardhian Pimpin KAMMI Banda Aceh Periode 2022-2024

Indikator ekonomi lainnya
Menurut perkiraan awal untuk tahun 2020, sekitar 220,28 juta orang menganggur di seluruh dunia, yang berarti tingkat pengangguran global adalah sekitar 6,57 persen. Wilayah dunia dengan tingkat pengangguran tertinggi adalah dunia Arab, Amerika Latin & Karibia, dan Amerika Utara.
Tingkat inflasi global adalah 3,18 persen pada tahun 2020 dan diperkirakan akan meningkat menjadi 4,35 persen pada tahun 2021. Tingkat harga meningkat paling signifikan di Venezuela dan Zimbabwe, sedangkan tingkat inflasi terendah dilaporkan di Qatar dan Fiji.
Negara pengekspor utama pada tahun 2020 adalah Cina, dengan nilai ekspor sekitar 2,59 triliun dolar AS, diikuti oleh Amerika Serikat dan Jerman. Namun, peringkat negara -negara impor terkemuka melihat Amerika Serikat di atas, diikuti oleh Cina dan Jerman.

Baca juga  KAMMI Aceh Minta Presiden Evaluasi Kinerja Menag Yaqut.

Share :

Baca Juga

BISNIS

Pemerintah Aceh Selenggarakan Forum Bisnis pada Internasional Dubai Expo

BISNIS

Bangkitkan UMKM, Genpro Aceh Tenggara dan Bank Aceh Syariah Kutacane, Gelar Seminar Wirausaha

BISNIS

Bahas Program Strategis 2022, Presiden Chapter Kab/Kota GENPRO Se Aceh Konsolidasi di Aceh Tengah

BISNIS

Ikatan Pilot Meminta Pemerintah Mengubah Syarat Naik Pesawat Cukup Rapid Test

BISNIS

Berikut daftar 22 Bank yang Tarif Transfer maksimal Rp.2.500

BISNIS

Pertama di Indonesia, SPBU BUMDESMa Hadir di Bener Meriah

BISNIS

ISPIKANI Aceh Bimbing Santri Jadi Pengusaha Sektor Perikanan